Wednesday, October 23, 2019

MENGENAL SOFTWARE KOMPUTER

MENGENAL SOFTWARE KOMPUTER


BELAJAR MENGENAL SOFTWARE KOMPUTER :

Software merupakan perangkat lunak yang tidak dapat disentuh maupun dilihat wujud fisiknya. Sekalipun tidak berwujud fisik, keberadaan softwaresangat penting. Istilah software sebenarnya mengacu ke sekumpulan instruksi dan data komputer yang terorganisasi. Software dibuat dengan menggunakan bahasapemrograman dan utilitas terkait.

1. Pembagian software menurut jenisnya.
Menurut jenisnya, software dapat dibagi menjadi: Operating System (Sistem Operasi). Software jenis ini memiliki fungsi untuk mengelola dan juga mengkoordinasikan semua komponen dan fungsi komputer. Sistem operasi harus ada di setiap komputer dan menjembatani interaksi antara komputer dan pengguna (user). Beberapa contoh sistem operasi diantaranya adalah DOS, Windows, UNIX dan linux. Programming Language (Bahasa Pemrograman). Software jenis ini memberikan instruksi standar yang melibatkan sintak dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program aplikasi komputer (computer application program). Ada cukup banyak sekali bahasa pemrograman dan beberapa yang terkenal adalah Java, PHP dan Microsoft Visual Basic.Application Program (Program Aplikasi). Software yang ditujukan untuk keperluan dan kegunaan khusus dan tertentu, misalnya untuk akuntansi, presentasi, perpustakaan dan lain-lain. Semua program aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word untuk membuat dokumen, MYOB Software yang ditujukan untuk keperluan dan kegunaan khusus dan tertentu, misalnya untuk akuntansi, presentasi, perpustakaan dan lain-lain. Semua program aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman.Beberapa contoh program aplikasi adalah Microsoft Office Word untuk membuat dokumen, MYOB untuk akuntansi, OpenOffice. org Impress untuk presentasi dan lain sebagainya.

2.Pembagian software menurut distribusinya. Menurut distribusinya, software dapat dibagi menjadi: Adware Software ini umumnya bersifat gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul. Freeware Software yang bersifat gratis dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu. Umumnya, software jenis ini memiliki fitur-fitur yang kurang lengkap dan kurang powerfull. Shareware Software jenis ini memiliki batasan waktu tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna melakukan validasi kepemilikan dengan membeli serial number. Spyware Software yang mampu memata-matai aktifitas pengguna komputer. Software jenis ini sering disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data. Open Source Software yang bisa dirubah, ditingkatkan dan disebarluaskan karena kode sumbernya (source code) dapat dibuka. Umumnya software ini bersifat gratis, dikembangkan oleh perorangan atau komunitas dan memiliki lisensi GPL (General Public License).

No comments:

Post a Comment

MENGENAL SOFTWARE KOMPUTER

MENGENAL SOFTWARE KOMPUTER MENGENAL SOFTWARE KOMPUTER BELAJAR MENGENAL...